8 Pengertian Server Jenis dan Fungsinya Terbaru

Apa itu server? Berikut 8 pengertian server jenis dan fungsinya:

8 Pengertian Server Jenis dan Fungsinya

Server berperan penting dalam menyediakan layanan akses lebih cepat untuk mengirim atau menerima data maupun informasi yang tersedia pada server, berikut 8 Pengertian Server Jenis dan Fungsinya: Dalam bentuk fisiknya, server berwujud jaringan komputer dan memiliki ukuran yang sangat besar dengan beberapa komponen pendukung prosesor dan RAM yang berkapasitas besar.

Macam macam jenis server :

  1. Web Server
  2. Mail Server
  3. Database Server
  4. File Server
  5. DHCP Server
  6. Proxy Server
  7. FTP Server
  8. Game Server

Fungsi dari masing – masing jenis server itu sendiri :

1.Web Server

Web server adalah sebuah jaringan komputer yang melayani khusus permintaan HTTP dan HTTPS. Web server menerima kode sedemikian rupa dari browser, lalu mengirimnya kembali dalam bentuk laman web. Laman web tersebut dikirim oleh web server dalam bentuk dokumen HTML dan CSS yang kemudian diproses oleh browser menjadi laman-laman web yang menarik dan mudah dibaca oleh pengguna

2.Mail Server

Secara garis besar, Mail Server berfungsi untuk bertukar pesan ke sesama pengguna dengan beberapa langkah protokol mail dengan file yang terdukung berupa teks, gambar, dan lainnya sesuai client web yang digunakan. Atau anda tidak paham soal server dan sejenisnya, kami sediakan Jasa IT Support yang selalu siap membantu anda dalam Instalasi Server, Maintenance, Konfigurasi, Setting, Pengadaan, ftp server, Maintenance Bulanan / Tahunan, Hubungi jasa server specialist disini.

3.Database Server

Database server adalah jaringan komputer yang memberikan layanan berupa pengelolaan basis data serta menerima permintaan client untuk mengakses basis data pada server. Database server juga terdiri dari empat jenis, yaitu flat file database, relation database, object database, dan relational-object database. Server ini juga memberikan layanan akses suatu data oleh banyak orang dalam waktu bersamaan.

Baca Juga  Cara Install Linux di Ubuntu Server Mudah NO.1

Baca Tutorial:

Itulah pengertian server, jenis beserta fungsinya yang bisa kami ulas di sini, semoga anda bisa paham dan mengerti apa itu server, jenis dan fungsi server itu sendiri.

4. File server

File server adalah jaringan komputer yang memberikan akses berupa lokasi disk. Lokasi disk tersebut berisikan file seperti gambar, video, musik, database, dokumen, dll. Fungsi utama dari file server adalah sebagai jantung sebuah jaringan komputer yang cepat, dengan kapasitas hardisk besar serta RAM tinggi.

Baca Harga Jasa Jaringan dan Server

[table id=1 /]

5. DHCP Server

DHCP (Dinamic Host Configuration Protocol) Server merupakan jaringan yang menjalankan layanan penyewaan IP address dan informasi TCP/IP kepada client. Biasanya sistem operasi (SO) seperti Windows 2000 Server, Windows Server 2003 dan GNU/linux menggunakan layanan ini. Secara garis besar fungsi server ini adalah memberikan layanan alamat IP secara otomatis kepada client/computer/host pada jaringan TCP/IP yang meminta. Sehingga peran administrator tidak perlu disibukkan dengan membuat alamat IP secara manual untuk client karena IP tersebut telah diberikan oleh server.

6. Proxy Server

Proxy server merupakan jaringan komputer yang memiliki peran sangat positif bagi pengguna. Proxy server sendiri berperan sebagai perantara antara pengguna dengan web server. Setiap pengguna yang mengakses jaringan internet, akan selalu melewati proxy terlebih dahulu sebelum melanjutkan ke web server. Fungsi utama proxy server adalah untuk mengamankan IP address pengguna saat menjelajahi internet. IP address mudah terlihat saat tidak dilindungi oleh proxy, sehingga rawan tersebar virus, malware hingga informasi sandi tersimpan pada browser. Pengguna juga bisa mengatur pemblokiran beberapa situs web yang tidak ingin dikunjungi sebagai bentuk pencegahan.

7. FTP Server

TP (File Transfer Protocol) server adalah sebuah protokol internet yang memberikan akses data server pada satu jaringan. Fungsi utama server ini adalah untuk memberikan pelayanan kepada client dan pengunjung untuk melakukan akses transfer data tersimpan yang ada pada server.

8. Game Server

Jenis server yang terakhir adalah khusus untuk seorang gamer. Server ini dibuat untuk memberikan sensasi bermain yang lebih baik bagi para pengguna. Saat ini kebanyakan developer game sering membuat permainan yang berbasis multiplayer online. Sehingga membuat kapasitas permainan terkadang terjadi lag atau semacamnya.

Baca Juga  1 Jasa Fluke Test Bali Enterprise dan Terbaik

Game server terdiri dari dua kategori yaitu, game server eksternal dan game server internal. Server eksternal merupakan penyimpanan data game yang disediakan langsung oleh pengembang game itu sendiri. Sedangkan server internal merupakan penyimpanan sendiri melalui komputer pengguna. Contoh game server yang bisa digunakan adalah steam.

Manfaat yang diperoleh

Terdapat banyak sekali manfaat yang bisa anda dapatkan dengan mengelola jaringan komputer menggunakan sebuah server. Berikut ini merupakan beberapa manfaat yang telah kami ringkas menjadi beberapa poin saja.

1. Menjamin keamanan data

Dengan adanya server, maka anda dapat menjaga dan menyimpan seluruh data anda dengan lebih aman dan termonitoring setiap saat. Selain itu, data yang telah anda simpan dapat diakses dengan cepat sesuai dengan kebutuhan anda. Dan yang paling penting, anda juga dapat menghemat penyimpanan data dari perangkat komputer client anda dan dapat dialihkan menuju server.

2. Menghemat biaya

Manfaat yang kedua tentu saja dapat menghemat biaya pengeluaran untuk membeli kebutuhan perangkat penyimpanan data. Server telah menyediakan kapasitas penyimpanan yang lebih besar daripada komputer client pada umumnya. Jadi anda tidak perlu membeli terlalu banyak perangkat komputer maupun hardisk untuk kebutuhan data bisnis anda.

3. Memudahkan dalam manajemen data

Manfaat yang ketiga, dapat memudahkan dalam proses pengelolaan berbagai dokumen dan informasi penting yang membutuhkan penanganan secara cepat. Server juga menjamin penyimpanan data dalam jangka waktu yang lebih panjang. Saat ini juga tersedia penyimpanan server berbasis cloud atau awan. Dimana, data anda akan tersimpan di internet dengan alokasi penyimpanan yang jauh lebih besar lagi.

4. Mengoptimalkan fungsi kolaborasi antar tim

Dan manfaat yang terakhir yaitu mampu untuk memaksimalkan kolaborasi dan kerja antar setiap tim atau departemen. Dimana, dalam sebuah bisnis terutama dalam bidang IT mengharuskan setiap tim untuk bekerja tidak hanya secara offline saja. Namun dituntut untuk dapat bekerja secara online atau remote. Sehingga, server sangat berperan penting untuk meningkatkan produktivitas karyawan perusahaan atau instansi terkait.

Baca Juga  Jual Fiber Optik Murah di Semarang

Apabila anda masih kesulitan dalam pemahaman server dan sejenisnya, anda bisa menghubungi penyedia jasa Server Specialis, agar anda dapat penjelasan secara mendatail, dan memudahkan anda dalam instsalasi server atau maintenance server yang ada di perusahaan dan kantor anda, di bawah ini kami tulis lengkap alamat kantor Jasa server specialist beserta emai, nomer telepon yang bisa anda hubungi secara Online, Hubungi sekarang juga dan dapatkan konsultasi GRATIS !!

General Solusindo

Pondok Jati AS 31 Sidoarjo Jawa Timur 61252

Email: informasi@generalsolusindo.com

TLP/WA: 0811 321 9992

Visit Us:

General Solusindo.com

General Solusindo.net

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Related Post