4 Cara menyambung kabel serat optik Mudah

Cara menyambung kabel serat optik  SM / MM, Cat, 5,6,7,8,.

Cara menyambung kabel serat optik

Cara menyambung kabel serat optick Dan perlu menyiapkan bahan dan peralatan yang digunakan untuk menyanbung kabel serat optic, koneksi seperti: serat optik, perlindungan sleve, fiber striper, serat pintar, tisue, alkohol 90%, sarung tangan karet, dan sebagainya.

  • Masukkan perlindungan Sleve ke salah satu ujung serat yang harus dihubungkan. Di mana fungsi perlindungan SLVE itu sendiri adalah lapisan amplifier pada titik koneksi dan juga bertindak sebagai lapisan pelapis pengganti.
  • Kupas bagian pelapis pada kedua ujung serat menggunakan serat striper, biasanya fiber striper memiliki 3 lubang pengupasan karena lapisan pada serat optik memiliki banyak lapisan.
  • Bersihkan dua ujung serat yang telah mengupas bagian pelapisan menggunakan jaringan dan alkohol 90%
  • Potong kedua ujung serat Gunakan Fiber Cleaver, di mana fungsinya sendiri meratakan ujung serat sehingga redaman yang dihasilkan kecil, menggunakan pisau khusus biasanya bulat dengan pisau yang sangat taktik dipotong secara luas.
  • Setelah mengambil langkah-langkah di atas, proses koneksi dimulai oleh Fusion Splicer. Cara menempatkan kedua ujung serat yang akan terhubung harus mendekati ujung dioda dan juga tidak melebihi ujung batang dioda. Periksa posisi kedua dari ujung kabel pada layar LCD pada splicer fusion. Jika posisi akhir akhir telah terhubung.
  • Pada alat splicer fusi biasanya tersedia slot untuk pelindung pelindung sliver, setelah koneksi selesai maka pelindung sleve tersedia pada titik koneksi sehingga dilindungi dari kotoran dan rusak.

Penggunaan fusion splicer

Fusion Splicer digunakan untuk menghubungkan tepi serat optik, dengan latar belakang ketika kabel optik diperkirakan tujuan ke mana untuk sampai ke tujuan memerlukan kabel optik yang relatif panjang sehingga memerlukan koneksi.

Gambar Splicer Fusion

Gambar Splicer Fusion

Fusion Splicer adalah alat koneksi serat optik dengan memanfaatkan panas untuk menggabungkan kedua ujung kabel optik secara bersamaan dengan waktu yang sangat singkat. Menggunakan sistem komputer yang canggih di mana dua ujung serat optik akan diatur secara otomatis malaikat keduanya menyeret sehingga paralel, maka elektroda akan menggabungkan kedua ujung serat secara bersamaan dengan waktu yang sangat singkat sehingga kedua ujungnya dapat dihubungkan. Redaman yang dihasilkan dari alat ini berkisar antara 0,03 dB tergantung pada pengupasan buruk dan memotong kabel optik.

Baca Juga  Trouble Shoot Kamera Yang Tidak Menyala di Monitor

Splicing fiber optic

Cara menyambung kabel serat optik

Cara menyambung kabel serat optik

Mengapa Anda harus melakukan penyambungan ?

Penyambungan dan Cara Menyambung Kabel serat optik tentu disebabkan oleh beberapa faktor yang datang dari luar. Sebagai contoh, itu secara tidak sengaja ditabrak oleh jangkar, cangkul, atau ditabrak serangkaian layang-layang, atau juga dapat menerima serat optik ketika instalasi dalam jarak yang cukup jauh.

4 Cara menyambung kabel serat optik Mudah

Agar Anda mendapatkan splicing yang baik atau kualitas splicing, maka ada sejumlah hal yang perlu Anda perhatikan. Adalah sebagai berikut.

1. Kabel berkualitas sesuai dengan spesifikasi

Untuk mendapatkan kualitas koneksi terbaik, maka pastikan bahwa kualitas kabel sesuai dengan spesifikasinya. Ini akan sangat mendukung dalam proses penyambungan yang Anda lakukan.

2. Splicer fusi yang baik

Selain memastikan bahwa kabel yang Anda gunakan sesuai dengan spesifikasi, maka hal yang perlu Anda perhatikan berikutnya adalah penggunaan splicer fusi yang baik. Dengan begitu, hasilnya akan lebih rapi.

3. Lingkungan harus bersih

Juga pastikan ketika Anda melakukan splicing atau splicing dengan berada di tempat yang bersih.

4. Jootinter harus dialami

Gunakan Jooters yang benar-benar berpengalaman. Ini sangat penting, di mana jika dilakukan oleh jointer berpengalaman itu akan memberikan hasil terbaik dan memuaskan.

Perhatikan ini saat menyambungkan serat optik

Ketika Anda melakukan penyambungan serat optik, ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan. Adalah sebagai berikut.

1. Sebelum Anda melakukan splicing, pastikan apakah semua peralatan dan bahan yang digunakan siap tersedia. Dan jangan lupa untuk memastikan bahwa tangan Anda benar-benar bersih. Karena jika ada kotoran yang ada di serat optik, itu akan membuat redaman.

2. Anda juga perlu meletakkan tangan Anda di bagian belakang pemotong sambil mengelupas pelindung serat.

Baca Juga  Cara Terbaik Atasi Trouble Shoot Pada DVR CCTV

3. Jangan biarkan Anda menginjak tabung yang akan dapat merusak inti yang terletak di dalam. Ini dapat membuat crack inti bahkan pecah.

4. Pastikan tidak ada cairan dalam bentuk alkohol dekat dengan mata Anda. Di mana alkohol ini dapat menguap di udara.

5. Anda tidak menggulung inti bahwa diameternya sangat kecil. Ini akan menyebabkan inti pecah.

6. Inti yang tersisa, harus dilemparkan dengan benar. Jika dibuang dengan sembarangan, ketika itu tidak sengaja diekspos dan menembus kulit, dimungkinkan untuk memasuki aliran darah dan berpotensi mengganggu kesehatan.

7. Serat tidak boleh terpapar air yang kemudian akan merusaknya.

Cara melakukan penyambungan serat optik

1. Sebagai langkah pertama, Anda perlu mengupas kabel serat optik.

2. Berikutnya adalah mengatur pada kabel serat optik pada saat yang sama dengan PatchCord yang akan Anda sambungkan di OTB. Di mana dari setiap PatchCord akan dimasukkan dalam lengan fusi yang fungsinya adalah untuk melindungi koneksi antara kabel serat optik dan juga PatchCord.

3. Sebelum Anda terhubung, pastikan jika Anda sudah merencanakan penyusunan kabel pada baki OTB.

4. Kemudian, Anda juga harus memastikan bahwa setiap kabel serat optik benar-benar dalam kondisi bersih. Atau Anda dapat membersihkannya lagi menggunakan alkohol.

5. Untuk menghubungkannya, Anda harus terlebih dahulu memotong ujung serat optik dan juga PatchCord. Anda dapat menggunakan alat pemotong khusus yang biasanya disediakan dalam set splicer fusion.

6. Masukkan ujung serat optik di sisi kiri Splicer Fusion dan PatchCord di ujung kanan. Kemudian tutup splicer fusi dan tekan tombol pada splicer fusi untuk memulai koneksi.

7. Jika koneksi tidak berhasil, maka splicer fusi akan memberikan pemberitahuan. Anda dapat membersihkan lagi dan mengulanginya.

Baca Juga  Cara Setting DVR Analog Awal Pemakaian

8. Jika berhasil, maka koneksi ditutup menggunakan lengan fusi dan panas dengan

Harga Jasa dan Fiber Optic

[table id=4 /]

Kantor Kami

General Solusindo

Pondok Jati AS 31 Lt 1 Sidoarjo Jawa Timur 61252

TLP/WA: 0811-321-9992

Email: informasi@generalsolusindo.com

Visit Us:

General Solusindo.com

General Solusindo.net

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Related Post