5 Kelebihan dan Kekurangan Fiber Optic

Kelebihan dan Kekuranagan Fiber Optic

Kelebihan dan Kekurangan Fiber Optic

Halo sahabat General Solusindo, semoga anda sehat dan tetap semangat di era pandemi ini, jaga kesehatan dan imun tubun anda agar terhindar dari segela penyakit yang tidak kita inginkan. ya seperti biasa, team General Solusindo akan memberikan sedikit ulasan, tentang Kelebihan dan Kekuranagan Fiber Optic. Apa sih kelebihan dan kekurangan fiber optic itu? temukan jawabannya di bawah ini, tetapi sebelum anda mengetahui jawaban tersebut, alangkah baiknya anda kenali apa itu fiber optic dan bagaimana cara kerjanya, yuk kita simak,,,

Tentang Fiber Optic

Fiber Optik adalah saluran transmisi atau sejenis kabel yang terbuat dari kaca atau plastik yang sangat halus dan lebih kecil dari sehelai rambut, dan dapat digunakan untuk mentransmisikan sinyal cahaya dari suatu tempat ke tempat lain. Sumber cahaya yang digunakan biasanya adalah laser atau LED. Kabel ini berdiameter lebih kurang 120 mikrometer, tetapi disini kita akan bahas Kelebihan dan Kekuranagan Fiber Optic.

Band Width Fiber Optic

Kelebihan dan Kekuranagan Fiber Optic, Fiber optik merupakan media transmisi yang ideal dengan sedikit transmisi loss, gangguan rendah dan potensi bandwidth yang tinggi, dan apabila anda ingin mengetahui titik losnya di km berapa ? atau anda mengalami troube fiber optic, gunakan penyedia jasa fiber optic, yang pasti jasanya sudah lengkap seperti, instalasi, penarikan, splicing, terminasi, otdr, fluke test, Testing, Commissioning, galian fo, biasanya harga jasa fiber optic tergantung dari kebutuhan anda, ya bisa di katakan kompetitif.

Fiber Optic

Kelebihan dan Kekurangan Fiber Optic

Kelebihan dan Kekurangan Fiber Optic

Struktur Fiber optik terdiri dari beberapa susunan yaitu Cladding, Core, dan Buffer Coating. Core atau inti merupakan serat kaca yang tipis menjadi media cahaya berjalan, sehingga pengiriman cahaya dapat dilakukan. Cladding merupakan lapisan luar yang melindungi Inti dan memantulkan kembali cahaya yang terpancar keluar kembali ke dalam inti. Sedangkan Buffer Coating adalah selubung plastik yang bertujuan melindungi serat dari kerusakan yang diakibatkan dari lengkungan kabel dan gangguan luar misalnya kelembaban.

Baca Juga  Jual Aruba Surabaya

Baca Tutorial:

Jenis Kabel Fiber Optic Multimode dan Singlemode

Fiber Optic Multimode

Kabel Fiber optik multimode adalah tipe yang digunakan untuk tujuan komersial. inti lebih besar dari serat single-mode memungkinkan ratusan modus cahaya tersebar melalui serat secara bersamaan. Selain itu diameter multimode memiliki serat inti lebih besar (diameter 0.0025 inch atau 62.5 micron) dan berfungsi mengirimkan sinar laser inframerah (panjang gelombang 850-1300 nm)

Fiber Optic Singlemode

Kabel Fiber optik Single mode memiliki inti yang lebih kecil (berdiameter 0.00035 inch atau 9 micron) dan berfungsi mengirimkan sinar laser inframerah (panjang gelombang 1300-1550 nm) yang memungkinkan hanya satu mode menyebarkan cahaya melalui inti pada suatu waktu. serat Single mode dikembangkan untuk mempertahankan integritas data spasial dan spektrum dari masing-masing sinyal optik jarak yang lebih jauh, mengizinkan informasi akan disampaikan lebih lanjut.

Ukuran Serat Optik

Kelebihan dan Kekuranagan Fiber Optic Standar yang umum digunakan untuk cladding atau selubung luar kabel fiber optik single mode adalah 125 mikron untuk kaca, dan 245 mikron untuk lapisan. Standar ini sangat penting kuntuk menyediakan jaminan Kompabilitas konektor, splices dan alat-alat yang digunakan di seluruh industri.

Standar serat singlemode dikembangkan dengan inti yang kecil dengan kuran diameter sekitar 8-10 mikron. Fiber optik MultiMode menggunakan ukuran diameter inti dari 50 sampai 62,5 mikron

Kelebihan dan Kekurangan Fiber Optik

Ada beberapa kelebihan Fiber optik antara lain:

  • Kapasitas (bandwidth) yang besar dalam mentransmisi informasi yang ada memiliki kecepatan yang tinggi, hingga mencapai beberapa gigabit/detik.
  • Sinyal degradasi lebih kecil,tidak terpengaruh pada gelombang elektromagnetik dan frekuensi radio Karena terbuat dari kaca dan plastik murni.
  • Ukurannya kecil, ringan, Lebih tipis dan Fleksibel : mempunyai diameter yang lebih kecil daripada kabel tembaga sehingga memudahkan suplai dan pemasangan.
  • Murah jika membandingkannya dengan banyaknya daya transmisi dari kabel tembaga Kapasitas lebih besar
  • Serat optik aman, Tidak mudah terbakar : tidak mengalirkan listrik
Baca Juga  Jasa Terminasi Fiber Optik Handal di Indonesia

Kekurangan Fiber Optik

Dari sekian banya kelebihan yang ditawarkan penggunaan kabel fiber optic juga memiliki kekurangan antara lain harga yang relatif mahal dalam hal penyambungan, karena memerlukan alat khusus dan memerlukan keahlian dan ketelitian dalam penyambungan kabel fiber optik.

Harga Jasa Fiber Optic Terlengkap

[table id=1 /]

Layanan Jasa Fiber Optic

[table id=4 /]

Semoga bisa anda pahami Penjelasan kelebihan dan kekurangan fiber optic, jika teman atau rekan kerja anda, ada yang tanya ? Kelebihan dan Kekuranagan Fiber Optic, setidaknya anda sudah bisa menjawab, dan apabila rekan dan teman kerja anda membutuhkan jasa fiber optic, hubungi CS GeneralSolusindo di bawah ini.

General Solusindo

Pondok Jati AS 31 Sidoarjo 61252

Email: informasi@generalsolusindo.com

TLP/WA: 0811 321 9992

Visit Us:

General Solusindo.com

General Solusindo.net

IT Specialist – Consultant – Integrator – Supplier – Training, 20 years experience.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Related Post