Pondok Jati II Blok AS-31 Kab. Sidoarjo
+628113219992
informasi@generalsolusindo.com

Apa itu Router? Inilah Penjelasannya

Apa itu Router? Inilah Penjelasannya

router

Apa Itu Router?

Router adalah sejenis perangkat yang digunakan untuk menghubungkan beberapa jaringan, baik itu jaringan yang sama atau berbeda. Router dapat juga didefinisikan sebagai perangkat jaringan internet berbentuk  fisik ataupun virtual yang dirancang untuk menerima, menganalisis, dan meneruskan paket data antar jaringan komputer. Sederhananya router ibarat lampu lalu lintas, dimana dia mengatur rute atau arah jaringan yang berbeda dan menghubungkannya agar bisa saling berkomunikasi dengan benar. Sebelum kalian membaca lebih jauh tentang router. Kalian bisa baca artikel kami sebelumnya tentang Cara Kerja Internet

router

apa itu router?

Fungsi – Fungsi Router

Sebagai sebuah perangkat, router juga memiliki beberapa fungsi penting. Berikut adalah fungsi – fungsi dari router.

  • Sebagai internet gateway pada jaringan lokal
  • Menghubungkan jaringan ke DSL
  • Mentrasmisikan informasi

 

Jenis – Jenis Router

Pada umumnya sebuah perangkat tidak hanya memiliki satu jenis saja. biasanya para pengembang atau perusahaan menciptakan jenis lain pada satu perangkat untuk digunakan khusus pada hal – hal tertentu. Sama halnya seperti router, yang juga memiliki lebih dari satu jenis. Tapi secara umum, router terdiri dari 3 jenis yaitu :

  • Berdasarkan mekanismenya
  • Media transmisinya
  • Dan bentuknya

A. Berdasarkan Mekanismenya

Secara umum, tipe router berdasarkan mekanismenya ada dua jenis

1. Router Statis

Tipe ini adalah jenis router yang proses settingnya menggunakan tabel routing yang dikonfigurasikan secara manual oleh network administrator. Router statis biasanya digunakan untuk jaringan kecil, jalur spesifik ditentukan oleh administrator jaringan, pengisian tabel routing semua diatur dan ditentukan secara manual. Salah satu kelebihan dalam router jenis statis ini adalah meringankan kinerja processor router. Kelebihan lainnya dari tipe ini adalah administrator jaringan dapat dengan bebas menentukan jalur jaringan, selain itu router ini juga tidak mudah atau kebal terhadap serangan hacker untuk melakukan spoof dengan tujuan membajak trafik.

Baca Juga  Fungsi Mikrotik Beserta Pengertiannya

2. Router Dinamis

Jika router statis dapat disetting secara manual oleh administrasi, maka router dinamis dapat tersetting otomatis oleh router itu sendiri dengan penyesuaian konfigurasi yang dibuat oleh administratror. Kelebihan dari router tipe ini adalah dapat digunakan untuk area luas.

B. Berdasarkan Media transmisinya

Media transmisi adalah media yang menghubungkan antara pengirim dan penerima informasi. karena jarak yang jauh, maka data terlebih dahulu diubah menjadi kode/isyarat, dan isyarat inilah yang akan dimanipulasi dengan berbagai macam cara untuk diubah kembali menjadi data. Jenis router ini yaitu

1. Router Kabel

Merupakan jenis router yang menggunakan kabel sebagai media transmisinya. Biasanya digunakan untuk jaringan dengan skala enterprise karena memiliki keamanan tingga tinggi.

2. Router Wirelles

Merupakan jenis router yang menggunakan gelombang radio sebagai media transmisinya. Biasanya digunakan untuk jaringan hotspot

C. Berdasarkan Bentuknya

1. Router PC

Adalah Sistem Operasi yang memiliki fasilitas untuk membagi dan men-sharing IP Address. Jadi jika suatu perangkat jaringan (PC) yang terhubung ke komputer tersebut akan dapat menikmati IP Address atau koneksi internet yang disebarkan oleh sistem operasi tersebut. contoh sistem operasi yang dapat digunakan adalah semua sistem operasi berbasis client server, contohnya Windows NT 4.0, Windows NT, Windows 2000 server, Windows 2003 Server, MikroTik (Berbasis Linux), dan lain-lain.

2. Router Hardware

Adalah sejenis perangkat keras yang memiliki fungsi mirip seperti router yang dapat memancarkan atau berbagi IP Address. Kegunaannya untuk membagi koneksi internet pada suatu wilayah atau ruang, contoh dari router ini adalah access point. Jenis ini yang paling sering digunakan karena kemampuannya yang besar dalam melakukan proses routing. Bentuknya terlihat seperti modem dengan banyak port.

Baca Juga  Jual Rack Server di Malang

3. Router Aplikasi

Merupakan software yang dapat di install dalam sebuah komputer atau laptop yang memungkinkannya menjadi sebuah router. Dengan demikian perangkat Kompute bisa menjadi sebuah router. Beberapa software yang bisa digunakan untuk router ini diantarannya : WinGate, WinRoute, SpyGate dan lainnya

Itulah penjelasan tentang router yang bisa kami sampaikan pada kalian. Semoga bermanfaat dan membantu anda.

 

 

One Response

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *