3 Cara Limit Bandwidth Pada Mikrotik

Cara Limit Bandwidth Pada Mikrotik Dengan Mikrotik Simple Queue

Halo semuanya, bertemu lagi dengan admin di artikel ini. Jangan lupa untuk selalu mencuci tangan dan menggunakan masker, kemudian ikuti protokol kesehatan di daerah masing-masing agar kita semua tetap sehat dan terhindar dari penyakit. Di sini kita membahas tentang Cara Limit Bandwidth Pada Pada Mikrotik.

Cara Limit Bandwidth

Cara Limit Bandwidth / Setting Dan Pembatasan Penggunaan Bandwidth Internet Adalah Hal Penting Ketika Koneksi Internet Kita Terbatas, Misalnya Terbatasnya Kuota Bandwidth Dari ISP. Kita Perlu Membatasi Kuota Bandwidth Setiap Pengguna Yang Terhubung Ke Router Mikrotik. Pada Router Mikrotik sendiri terdapat fitur yang dapat membatasi (limit) bandwidth yaitu antrian. Ada dua macam antrian pada Mikrotik:

  • Simple Queue: Adalah Cara Termudah Untuk Melakukan Manajemen Bandwidth Yang Diterapkan Pada Jaringan Skala Kecil Sampai Menengah Untuk Mengatur Upload Dan Download Penggunaan Bandwidth Untuk Setiap Pengguna.
  • Queue Tree: Mirip dengan Simple Queue Tapi Lebih Rumit, Yang Dapat Melakukan Batasan Bandwidth Berdasarkan Grup Bahkan Secara Hirarki. Kita harus mengaktifkan fitur Mangle pada firewall jika ingin menggunakan Queue Tree.

Pada artikel kali ini admin akan memberikan tutorial konfigurasi antrian sederhana.Sebelum Kita Mulai Membatasi Bandwidth Internet Dengan Mikrotik, Pastikan Terlebih Dahulu Berapa Bandwidth Internet Yang Dapat Anda Dapatkan Dari Isp Yang Anda Gunakan. Sehingga nantinya nilai bandwidth yang terbatas tersebut tidak melebihi alokasi bandwidth dari Isp. Misalnya bandwidth Isp adalah 10 Mbps, maka batas bandwidth diatur menjadi lebih kecil atau sama dengan 10 Mbps.

Langkah Pertama

  1. untuk langkah pertama silahkan buka winbox dan pilih menu Queues maka akan muncul tampilan berikut :
    Cara Limit Bandwidth Pada Mikrotik Dengan Mikrotik Simple Queue

    Cara Limit Bandwidth Pada Mikrotik Dengan Mikrotik Simple Queue

     

    Langkah Ke Dua

  2. kemudian untuk menambahkan Simple Queue baru klik tombol +, maka akan muncul tampilan sebagai berikut :
Baca Juga  Perbedaan Cloud Computing dan VPS

Ada beberapa tab di jendela Simple Queue, tetapi kami hanya akan menggunakan tab General dan Advance.

Langkah Ke Tiga

3. Tab General

Pada tab General ada beberapa pilihan yang bisa diatur. Yang perlu kita perhatikan adalah pilihan Target Address dan Max Limit.

  1. Target Address

Anda bisa mengisi Target Address dengan IP address tertentu yang ingin Anda batasi bandwidthnya, misalnya 192.168.100.0/24. Dari gambar di atas terlihat bahwa Target Address kosong, artinya konfigurasi batas bandwidth ini berlaku untuk semua alamat IP.

  1. Max Limit

Max Limit adalah alokasi bandwidth maksimal yang bisa didapatkan oleh user, dan biasanya user akan mendapatkannya jika ada alokasi bandwidth yang sudah tidak digunakan lagi oleh user lain.

Jangan lupa centang Target Upload dan Target Download untuk mengaktifkan fitur ini, pilih jumlah Bandwidth yang ingin Anda batasi pada Max Limit. Misalnya unggah: 3Mbps unduh: 5Mbps.

Batas bandwidth untuk mengunggah lebih rendah dari unduhan karena pengguna biasanya lebih banyak mengunduh (menjelajah, mengunduh musik, file, dll.) daripada mengunggah. Anda dapat memilih sesuai keinginan.

  1. lalu klik apply agar konfigurasi yang kita buat bisa berjalan.

setelah kita selesai menambahkannya, konfigurasi yang kita tambahkan tadi akan muncul di simple queue. silahkan lihat gambar dibawah ini untuk hasil yang sudah kita konfigurasikan tadi.

dari langkah konfigurasi diatas anda bisa mengatur konfigurasi Simple Queue sesuai selera anda sendiri. Silakan kembangkan sesuai keinginan Anda sendiri. itu Cara:

Cara Limit Bandwidth Pada Mikrotik Dengan Mikrotik Simple Queue

Terima kasih, semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda para pembaca.

sampai jumpa di artikel selanjutnya.

Daftar Harga Networking

[table id=1 /]

Baca Juga  Inilah Perbedaan LiteSpeed dan Nginx
IT Consultant

[table id=1 /]

General Solusindo

Pondok Jati AS 31 Sidoarjo 61252

Email: informasi@generalsolusindo.com

TLP/WA: 0811 321 9992

Visit Us:

General Solusindo.com

https://www.generalsolusindo.net/

Tag: Limit Bandwidth Mikrotik, Tutorial Mikrotik, Cara Setting Mikrotik, Jual Mikrotik, Konfigurasi Mikrotik, Jasa Mikrotik, Setting Mikrotik, RT RW Net, Jasa Pengadaan RT RW Net, Jasa Mikrotik Panggilan, IT Specialist Mikrotik, Vedor Mikrotik, Jasa Mikrotik Surabaya, Jasa Mikrotik Jakarta, Jasa Mikrotik Denpasar, Jasa Mikrotik Bali, Jasa Mikrotik Bandung, Jasa Mikrotik Malang, Jasa Mikrotik Kediri, Jasa Mikrotik Blitar, Jasa Mikrotik Pontianak, Jasa Mikrotik Makassar, Maluku, Banda Aceh, Medan, Bogor, Pontianak, Papua, Ambon, Pangkal Pinang, Bangka Belitung, Jawa Timur, Surabaya, Bali, Denpasar, Nusa Tenggara Barat, Mataram, Tanjung Selor, Sulawesi Utara, Manado, Gorontalo, Gorontalo, Sulawesi Tengah, Palu, Sulawesi Barat, Mamuju, Provinsi Sulawesi Selatan.

Makassar, Sulawesi Tenggara, Kendari, Maluku, Ambon, Maluku Utara, Sofifi, Papua Barat, Manokwari, Papua, Jayapura, Aceh, Banda Aceh, Sumatera Utara, Medan, Bekasi, Bandung, Jakarta, Sumatera Barat, Padang, Riau, Pekanbaru, Kepulauan Riau, Tanjungpinang, Jambi, Jambi, Nusa Tenggara Timur, Kupang, Kalimantan Barat, Pontianak, Kalimantan Tengah Palangkaraya, Provinsi Kalimantan Selatan – Banjarmasin, Kalimantan Timur – Samarinda, Kalimantan Utara, Sumatera Selatan, Palembang, Kepulauan Bangka Belitung, Pangkal Pinang, Bengkulu, Bengkulu, Lampung, Bandar Lampung, Banten, Serang, Jawa Barat, Bandung, Jawa Tengah, Semarang, DI Yogyakarta, Yogyakarta

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Related Post